Pages

Sabtu, 28 November 2009

Seputar Judul

Apa sih arti judul bagi sebuah buku? Kira-kira itu sebuah pertanyaan dari seorang kawan saat diskusi seputar penulisan. Inilah keunikan dari proses membuat sebuah buku. Judul walaupun kesannya gampang dan sepele dibandingkan isi bukunya terkadang membuat seorang penulis garuk-garuk kepala untuk menemukannya.

Kumpulan kata, biasanya terdiri dari 3 suku kata, yang membentuk kalimat dan ditaruh di cover sebuah buku. Itulah judul bila kita deskripsikan. Namun, walau kecil dan ringkas kalimatnya Judul dalam sebuah buku memiliki peran penting yang akan membuat kesan pertama seorang pembaca akan buku tersebut.

Bagi banyak penulis membuat sebuah judul yang akan memikat seorang pembaca dalam pandangan pertamanya adalah peristiwa yang sangat menakjubkan. Walau banyak juga penulis yang tidak terlalu mau ambil pusing bukunya akan di beri judul apa. Namun, bagi saya penemuan sebuah judul adalah proses yang sangat menegangkan.

Sebuah buku yang berisi, berkelas dan berkarakter harus memiliki judul yang mengikat keseluruhan akan isi buku tersebut. Setidaknya 3 suku kata yang ada di depan cover itu harus bisa membuat seorang pembaca bertanya dan menggali apa makna isi buku tersebut, sehingga ketika judul saja telah membuat penasaran yang melihatnya otomatis sang pembaca akan penasaran dengan isi buku tersebut. Dalam banyak kasus ujung-ujungnya sang pembaca akan langsung membeli buku tersebut.

Seperti pengalaman saya tatkala melihat buku wartawan senior Rosihan Anwar yang berjudul Sejarah Kecil Indonesia. Dari judulnya saja buku ini sudah membuat kita penasaran, banyak sejumlah kalimat Tanya yang terungkap semisal, “Lah, apa tuh sejarah kecil Indonesia?” atau “Bila ada sejarah kecil lalu sejarah besarnya apa?” dan macam-macam pertanyaan menelisik lainnya.

Lalu juga buku terbaru karya sejawaran Ahmad Mansyur Suryanegara, yang berjudul Api Sejarah. Hanya dengan 2 suku kata judul buku ini telah mampu menggambarkan tentang fakta-fakata sejarah seputar kontribusi kaum ulama dan santri dalam menegakkan kemerdekaan di Indonesia.

Jadi, sebuah judul tidak bisa dibuat asal-asalan, sebuah judul harus mewakili karakter baik itu buku maupun sang penulisnya juga. Sebuah judul yang baik harus bisa membawa daya imajinasi serta menggerakkan sang pembaca.

Jadi walau hanya terdiri dari 3 suku kata judul itu sangat penting untuk dicermati. So, selamat menemukan judul yang pas dengan karakter diri dan tulisan anda.


0 komentar: