Pages

Sabtu, 28 November 2009

Kalimat pertama yang menggebrak

Jefrey Lang, seorang pakar matematika yang akhirnya memeluk islam, terkaget saat membaca ayat kedua surah Al-Baqarah yang berarti, “Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa”dia bertanya kitab apa ini yang begitu yakin dan pede memberikan garansi?
Dari pertanyaan awalnya itu ia semakin penasaran dengan Al-Qur’an hingga akhirnya keraguan yang timbul diawal berubah menjadi sebuah ketakjuban yang dilanjutkan dengan keimanan hingga ia menjadi seorang muslim.
Banyak ayat dalam Al-Qur’an yang dibuka dengan kalimat-kalimat yang menggebrak lalu dianjutkan dengan jawaban-jawaban yang juga menakjubkan hingga sang pembacanya semakin asyik dan tenggelam dalam setiap maknanya.

Ini juga yang harus di perhatikan oleh para penulis. Seorang penulis harus mampu membuka tulisannya dengan kalimat pembuka dengan tulisan yang aktif dan merangsang. Hindari memulai tulisan dengan kata-kata yang mengambang dan stagnan, sebab itu akan membuat kita kesulitan untuk meneruskan apa yang akan kita tulis selanjutnya.

Ya, ibarat sebuah pandangan pertama yang menggoda begitu juga dengan kalimat atau paragraph pembuka bila kita membukanya dengan lincah, aktif dan selalu membuat pembaca tergerakkan dan terbangun imajinasinya maka ia akan selalu membaca karya tulis kita sampai dengan kalimat terakhir.

Al-Qur’an telah memberi contoh pada kita. Banyak surat Al-Qur’an yang dibuka dengan kalimat-kalimat yang membuat sang pembaca menjadi pembaca yang aktif. Seperti pada surah Al-Ghasiyah yang dibuka dengan kalimat, “sudah datangkah kepadamu berita hari pembalasan?” walau dibuka dengan kalimat Tanya tetapi ini bukan untuk dijawab dengan kata-kata, tapi mengajak kita berpikir mendalam atau merenung secara sungguh-sungguh yang ujung-ujungnya kita akan mencari tahu akan kelanjutan surah tersebut.

Maka, hayo mulai nulis dan buka tulisan dengan kalimat yang menggugah……


0 komentar: